.:: SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI MAN INSAN CENDEKIA OKI ::.

 

 

 

IMG 20220409 WA0015

Kayuagung, Humas— Peserta didik Kelas XII MAN Insan Cendekia OKI telah selesai mengikuti rangkaian ujian akhir, terakhir ujian madrasah berbasis computer (UM-BK). Sebelum mengakhiri masa pendidikannya, peserta didik wajib lulus Munasaqoh Tahfidz al-Quran dengan target minimal 3 juz. Untuk itu, tim pembimbing tahfidz gelar rapat persiapan.

Rapat yang dimpimpin oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Keasramaan, Ustadzah Habibah ini dilaksanakan di Masjid Darun Najah (9/4). Terdapat dua pemabahasan utama, yaitu evaluasi one Ramadhan one juz, sosialisasi aplikasi e-tahfidz, dan persiapan munaqosyah tafidz al-Quran bagi kelas XII.

Dalam rapat tersebut, dibahas dan dimufakati beberapa hal, di antaranya:

Pertama, program one Ramadhan one juz yang sudah dilaksanakan lebih kurang 1 minggu ini perlu dievaluasi. Peserta rapat menyepakati agar pembimbing tahfidz mengimplementasikan multimetode menghafal al-Quran. Juga bergantung kepada karakteristik peserta didik. Hal ini bertujuan agar peserta didik minimal hafal 1 juz pada bulan Ramadhann.

Kedua, sosialisasi aplikasi e-tafdiz. Dalam transformasi digital madrasah, MAN IC OKI mengembangkan aplikasi e-tahfidz untuk pencatatan, jurnal, pengajaran, dan pembimbingan tahfidz al-Quran bagi peserta didik. Sosialisasi rencananya dilakukan besok (10/4).

Ketiga, Munaqosyah Tahfidz Al Quran. Kegiatan ujian ini akan dilakukan pada 13 s.d. 14 April 2022 bagi kelas XII. Disepakati dalam rapat, munasaqoh ini akan bekerja sama dengan lembaga tahfidz al-Quran Mahad Utsmani Kayuagung. Hal ini dilakukan agar peserta didik benar-benar menyiapkan diri dan murajaah dengan baik. (Af)