.:: SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI MAN INSAN CENDEKIA OKI ::.

 

Kayuagung, Humas—Tim Riset MAN Insan Cendekia OKI meraih medali bronze pada ajang ExpoCiencias Nacional Durango 2021 Mexico. Tim yang beranggotakan Risky Nailah, Riska Wulan Sagita, dan Mutiara Rahmadianti Putri berhasil mempertahankan penelitiannya yang berjudul "Culex pipiens Anti-Mosquito Spray Formulation Contains Ethanol Extract of Patikan Kebo Leaves (Euphorbia hirta)" di hadapan dewan juri pada Selasa—Jumat (7-10/12) secara virtual.
ExpoCiencias Nacional Durango 2021 Mexico merupakan kompetisi riset internasional yang diikuti oleh belasan negara. Indonesia mengirimkan 6 peserta, termasuk tim riset MAN IC OKI.
Pembimbing riset, Argita Muryani, S.Pd.Si., menyampaikan bahwa kompetisi ini cukup menarik karena tim harus mengikuti kegiatan dengan penyesuaian waktu negara Mexico. Peserta asal Indonesia harus mengikuti kegiatan antara pukul 01.00 s.d. 04.00 dini hari.  Beliau juga menambahkan, menariknya penelitian ini sehingga dewan juga banyak mengapresiasi.
“Penelitian dengan Culex pipiens Anti-Mosquito Spray Formulation Contains Ethanol Extract of Patikan Kebo Leaves (Euphorbia hirta) menarik perhatian dewan juri, ini karena Patikan Kebo merupakan tanaman yang banyak di Indonesia tetapi kurang dimanfaatkan. Masyarakat dan pasar justru banyak memanfaatkan antinyamuk berbahan kimia”, jelas Argita.
Kepala MAN Insan Cendekia OKI, H. Kiagus Faisal, S.Ag. M.Pd.I., mengapresiasi hasil kompetisi ini. “MAN Insan Cendekia OKI yang juga madrasah unggulan riset, harus mampu memanfaatkan peluang riset yang ada di sekitar untuk menjadi invensi atau inovasi. Selamat kepada Ananda dan pembimbing, merupakan prestasi luar biasa, semoga bermanfaat dan menginspirasi”, Papar Kamad.
Pembinaan riset di MAN Insan Cendekia dilakukan sejak peserta didik kelas X melalui kurikulum inovasi pembelajaran sains berbasis riset. Dilanjutkan pada kelas XI, peserta didik wajib menyusun karya tulis ilmiah, sehingga inventarisasi penelitian dapat diikutsertakan dalam berbagai ajang kompetisi riset nasional dan internaisonal. (Af)